Mengapa Harus Memilih untuk Berwirausaha ?

Wirausaha merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan dan juga membawa visi ke dalam sebuah kehidupan. Wirausaha sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 1755, dimana seorang pria bernama Richard Castillon memperkenalkannya. Dengan beberapa istilah yakni ondernemer atau unternehmer wirausaha populer di tahun tersebut.

Orang yang melakukan wirausaha atau berwirausaha disebut wirausahawan, yakni mereka yang melakukan kegiatan usaha tersebut. Dimana setiap orang mungkin bisa menjadi wirausahawan, akan tetapi apakah semua orang bisa sukses ? jawabannya nanti dulu. Karena faktanya untuk menjadi wirausahawan anda harus memiliki beberapa syarat dan juga jiwa yang berbeda dengan orang lain, agar usaha yang anda rintis menjadi sukses dan juga besar.

Permasalahan Sosial di Indonesia

Seperti yang anda ketahui hidup bagaikan roda yang berputar, dimana anda akan mengalami masa sulit namun anda juga akan mengalami masa yang menyenangkan. salah satu bagian hidup yang mungkin terjadi adalah semakin kecilnya kesempatan anda untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi tidak dibarengi dengan keinginan, modal, pendidikan serta keahlian. Menjadikan anda termasuk sumber daya manusia yang terbuang yang akan sulit mendapatkan pekerjaan terutama yang layak.

Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan pemikiran yang berbeda. Dimana anda justru menciptakan lapangan kerja untuk mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk menunjukan keahlian dan kemampuan mereka dalam bekerja. Meskipun tidak banyak memberikan kontribusi pada tingkat pengangguran di Indonesia, akan tetapi anda bisa sedikit mengurangi masalah sosial yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Apalagi bagi mereka yang hanya tamatan dibawah SMA atau sampai tingkat SMA. Perbekalan mereka untuk bekerja pasti masih sangat kurang, sehingga membuat mereka sulit mendapatkan pekerjaan dan tidak bisa meningkatkan nilai ekonomi dan kualitas hidup mereka. Inilah beberapa alasan kenapa anda harus berwirausaha :

Mengapa Harus Berwirausaha

1. Memperbaiki Kualitas Hidup

Ketika anda berwirausaha siapa yang bilang anda akan jatuh miskin ? tentu saja anggapan mereka salah. Dimana anda justru bisa memperbaiki kualitas hidup baik dari sisi finansial maupun moril. Berwirausaha mengajarkan kita untuk bekerja keras, menggapai target dan selalu berjuang hingga kesuksesan tercapai. Selain itu disisi finansial, berwirausaha membiasakan anda untuk bisa menabung dan mengelola uang dengan baik dan teratur. Agar uang yang anda miliki tidak lari ke keinginan atau kebutuhan yang bukan prioritas. Mereka para wirausahawan yang sukses berhasil mengatur uang dan mendisiplinkan diri untuk bisa bekerja keras menggapai usaha yang dianggap sukses sesuai targetnya.

2. Sikap Mandiri

Apa hubungannya berwirausaha dengan sikap mandiri ? sudah jelas ada hubungannya, dimana jika anda hanyalah karyawan biasa yang anda miliki hanya tanggung jawab bekerja sesuai dengan kepentingan dan pendapatan yang dihasilkan. Apalagi jika anda sebatas karyawan, sudah jelas akan menghasilkan uang yang terbatas dan pekerjaan yang itu-itu aja. Namun berbeda dengan berwirausaha, dimana anda dituntut untuk lebih mandiri dan juga berani mengambil keputusan.

Dalam berwirausaha keuntungan serta kerugian ditanggung oleh sendiri, hal ini mengharuskan anda untuk melangkah secara hati-hati dan tidak terburu-buru. Selain itu anda juga haruslah berusaha untuk mensukseskan atau mendirikan usaha sampai dianggap bisa berjalan dengan baik, hal ini juga menyangkut sikap mandiri yang dikatakan. Karena dengan atau tanpa bergantung pada orang lain, anda sudah bisa menghasilkan uang dengan usaha sendiri.

3. Membuka Lapangan Kerja

Anda akan menjadi seseorang yang didewakan alias diidam-idamkan karena berhasil membuka lapangan kerja. Banyak orang yang hanya bisa mencari kerja untuk dirinya sendiri, itupun harus bersusah payah. Namun bagaimana dengan berwirausaha ? selain mendirikan dan membuat pekerjaan untuk anda sendiri, anda juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Yang mana seperti anda ketahui, semakin besar perusahaan atau usaha yang anda dirikan maka akan semakin banyak karyawan dan semakin besar membuka lapangan pekerjaan. Apalagi jika anda berwirausaha di desa atau daerah yang belum ramai bisnis dan lapangan pekerjaan, Usaha bisa menjadi alternatif sendiri untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat sekitar. Hal seperti ini sudah banyak dilakukan oleh para UKM di daerah dengan membuka sebuah usaha dan mempekerjakan masyarakat sekitarnya agar lebih produktif dan bisa menghasilkan.

4. Mengurangi Pengangguran

Lulusan sekolah semakin banyak, nantinya mereka harus mencari kerja untuk membiayai hidup sendiri dan berkembang lebih baik lagi. Seperti yang dikatakan banyak LSM, bahwa di Indonesia angka pengangguran masih tinggi dan sedihnya mereka adalah para lulusan sarjana baik strata 1 maupun strata 2. Kenyataan ini menyebabkan banyak orang yang merasa bahwa pendidikan bukan lagi hal utama yang dicari untuk bisa bekerja, namun anda juga harus memiliki keinginan, tanggung jawab dan life skill yang sangat tinggi untuk bisa bekerja dan mendapatkan pekerjaan dengan baik.

Namun dengan berwirausaha, anda mengurangi tingkat pengangguran dan masalah terbesar diantara masyarakat. Anda bisa mempekerjakan mereka sesuai keahlian dan juga bidangnya. Ketika anda membuat usaha, maka anda akan merekrut chef untuk memasak, merekrut akuntan untuk membantu mengaudit keuangan usaha anda dan merekrut satpam untuk menjaga restoran anda. Belum lagi seperti adanya manajer, cleaning service bahkan juru parkir yang bisa bekerja untuk anda. Kenyataan ini justru memperjelas kenapa anda harus memilih untuk berwirausaha dibanding hanya bekerja saja.

Apa yang Harus dimiliki Wirausahawan ?

Lantas jika anda ingin berwirausaha, modal apa yang harus anda bawa dan seperti apa sikap yang harus anda miliki agar wirausaha anda menjadi sukses :

1. Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan inovatif merupakan poin pertama yang harus anda miliki. Dimana seseroang yang ingin berwirausaha harus bisa melihat masalah terbesar yang mengganjal masyarakat, mereka juga harus berpikiran terbuka dan harus melihat diluar pandangan atau dari satu sisi pandangan saja. Misalnya, ketika masyarakat didesa mengalami kesulitan keuangan dan gagal panen, atau panen yang tidak laku bagaimana anda menyikapi ? bukan bekerja di sebuah perusahaan pemerintah dan membantu mereka secara pemberkasan atau membantu memberikan bantuan saja.

Lebih baik mengajak mereka terlibat, dengan mendirikan koperasi simpan pinjam, atau mendirikan UKM seperti layaknya toko serba ada yang menjual kebutuhan yang dibeli dari masyarakat sekitar, misalnya beras dari petani, buah dari petani buah dan juga penjual makanan dari pabrik pembuat makanan. Sehingga selain kreatif anda juga harus inovatif dan melek akan isu dan masalah disekitar. Jika anda tinggal di perkotaan yang daya saingnya lebih tinggi, tentu berwirausaha akan beda jenisnya.

Misalnya sudah banyak makanan pedas merajalela dan mereka yang menyukai makanan manis kesulitan menemukan toko atau tempat penjual makanan manis, maka anda membuka usaha atau membuka cafe dengan dasar kue-kue manis. Atau hal inovatif lainnya yang dapat menunjukan anda mampu bersaing dengan usaha dan produk yang terbaik.

2. Percaya Diri

Percaya diri merupakan mental selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Jika anda bisa menciptakan hal seperti produk atau karya yang berbeda, namun anda tidak bisa menghasilkan karena terhalang rasa tidak percaya diri. Tentu usaha anda tidak akan majua atau berjalan. Sikap percaya diri dibutuhkan para wirausahawan untuk mengambil keputusan yang tepat dan juga berani untuk maju didepan umum memperkenalkan usahanya. Jelas bukan berarti mereka yang tidak percaya diri tidak bisa usaha, mereka bisa namun akan terkendala. Apalagi jika adanya relasi atau rekan bisnis yang mau bekerja sama, kepercayaan diri dibutuhkan untuk meyakinkan klien jika usaha kita benar-benar berkualitas.

3. Teliti

Wirausaha harus memiliki bekal ketelitan dalam hal apapun, dimana banyak orang sudah tahu bahwa bisnis merupakan dunia yang licik dan kotor. Ketika anda tidak memiliki prinsip dalam bekerja dan mencoba untuk lebih teliti maka akan banyak masalah datang dalam usaha anda. Baiknya coba untuk meningkatkan pengawasan anda akan lingkungan sekitar, dan peka terhadap kebutuhan usaha anda. Agar tidak ada masalah yang berarti yang menimpa usaha baik ketika berdiri maupun sudah berjalan lama.

4. Sabar

Jika anda melihat pengusaha sukses atau wirausahawan yang tinggal memanen hasilnya, apakah anda tahu perjuangan mereka sampai mana ? tentu saja anda tidak tahu karena bukan anda yang menjalankannya. Sabar merupakan karakter yang harus dimiliki para wirausahawan, dimana mereka akan menjalankan proses yang berbeda-beda setiap mendirikan usaha. Mungkin sebagian ada yang lancar dalam usaha, sebagian lagi ada yang merasa sulit dan harus mengorbankan waktu serta tenaga dan pikiran demi kemajuan usaha. Namun jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh meskipun memakan waktu yang lama, proses tersebut tentu akan berbuah hasil. Jika anda tetap buka mata dan realistis melihat peluang usaha yang anda dirikan. Sayangnya beberapa orang hanya mengharapkan hasilnya saja tanpa mau berpikir apakah usaha tersebut berpotensi, bisa berkembang atau bagus untuk diwujudkan atau tidak.

5. Semangat

Last but not least adalah semangat dimana anda bisa menjalankan usaha dengan baik jika ada semangat untuk berwirausaha. Meski sering disepelekan semangat termasuk karakter yang cukup penting dalam wirausahawan. Banyak orang yang kehilangan daya juangnya sehingga berhenti ditengah jalan atau bahkan sebelum mereka mencoba. Namun untuk menjadi sukses banyak modal yang harus dipersiapkan, khususnya dari diri sendiri. Semangat menjadi bahan bakar yang tepat untuk bisa menjalankan usaha dengan baik dan menemukan potensi diri yang tepat. semangat banyak membawa orang sukses ke tahap yang lebih baik dari kehidupannya yang mungkin dulunya sulit, atau usahanya sulit berkembang bahkan hingga kebangkrutan. Terutama jika wirausahawannya adalah anda yang masih muda dan masih memiliki kesempatan yang sangat panjang.

Jadi sekarang anda paham kan kenapa harus berwirausaha ? menjadi orang yang berbeda dengan orang lainnya memang tidak akan mudah, anda harus berbekal tekat dan keberanian serta percaya diri yang sangat tinggi. Akan banyak orang yang mungkin menyepelekan anda dan menghina anda hanya karena anda seorang petani, atau usaha penjual ternak, atau bahkan membuka usaha toko. Namun anda bisa tunjukan ke mereka bahwa usaha tidak melulu soal gengsi yang turun melainkan usaha adalah salah satu cara untuk bisa memperbaiki kualitas hidup lebih baik lagi dengan cara yang unik dan berbeda.

 

Referensi :

  1. Hajingfai.blogspot.com/2013/02/inspirasi-7-alasan-kenapa-sekarang.html?m=1
  2. www.jatikom.com/makalah-kewirausahaan-terlengkap

Share :
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel yang lain