Pentingnya Manajemen Keuangan dalam Perusahaan | Software akuntansi

Sebuah perusahaan dapat dikatakan berkembang dengan baik jika perusahaan tersebut memiliki manajemen keuangan yang teratur dan baik pula. Terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini, suatu perusahaan dituntut untuk memiliki manajemen keuangan yang sesuai dengan standart kode etik yang berlaku agar perusahaan tersebut dapat bersaing secara ketat dengan perusahan-perusahaan lainnya.

Manajemen keuangan sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam mendapatkan dana sebagai modal untuk bekerja dan mengalokasikan dana tersebut secara efektif serta mengelola aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan secara teratur untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

Fungsi Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Manajemen keuangan berfungsi sebagai pengelola keuangan dimana dilakukan penyusunan rencana pemasukan dan pengeluaran dana dalam periode tertentu. Kemudian, dibuatnya anggaran dana yang masuk maupun keluar secara terperinci sehingga penggunaan dana dapat berjalan secara maksimal.
  2. Manajemen keuangan berfungsi sebagai penyimpanan keuangan dimana dana-dana dalam perusahaan dikumpulkan lalu disimpan secara aman.
  3. Manajemen keuangan dapat berfungsi sebagai pengendali keuangan yaitu dengan melakukan evaluasi atau memperbaiki sistem kondisi keuangan dalam suatu perusahaan.
  4. Manajemen keuangan berfungsi sebagai pemeriksa keuangan yaitu dengan melakukan audit internal terhadap keuangan pada perusahaan sehingga tidak ada penyalahgunaan dana dalam perusahaan.
  5. Manajemen keuangan berfungsi sebagai tempat untuk menyediakan informasi tentang keuangan dalam suatu perusahaan.

BACA JUGA : SOFTWARE AKUNTANSI ONLINE !!!

Manajemen keuangan sangat dibutuhkan dan merupakan sesuatu yang penting dalam setiap perusahaan apapun jenis perusahaannya. Dengan adanya manajemen keuangan, bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan dapat berjalan secara maksimal sehingga perusahaan tersebut bisa memperoleh keuntungan yang besar. Jika perusahaan memiliki manajemen keuangan yang buruk maka perusahaan tersebut akan mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Lantas seberapa pentingnya manajemen keuangan bagi perusahaan? Mari simak pembahasan berikut ini.

Mengapa Manajemen Keuangan itu Penting bagi Perusahaan?

  1. Dengan adanya manajemen keuangan yang maksimal maka perusahaan dapat mengetahui aset mana yang akan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan saat melakukan pembelian aset tersebut. Jumlah pendapatan yang dihasilkan dari pembelian aset harus diseimbangkan dengan jumlah pendapatan yang akan dikeluarkan sehingga perusahaan dapat melakukan pertimbangan dalam keuangan untuk modal belanja yang akan dilakukan perusahaan. Jika pengeluaran modal dikelola secara efektif maka perusahaan tidak harus terpaksa dalam meminjam modal yang besar untuk aset yang tidak akan memberikan pendapatan yang cukup bagi perusahaan.
  2. Perusahaan dengan manajemen yang baik akan memiliki pengelolaan arus kas yang baik pula sehingga perusahaan akan selalu memiliki kas yang cukup untuk membayar sewa, asuransi, telepon, gaji karyawan, dan sebagainya. Perusahaan dapat membandingkan tanggal jatuh tempo pada piutang bisnis dengan tanggal jatuh tempo pada tagihan yang terutang. Arus kas dapat dikelola dengan mempersingkat waktu yang telah ditetapkan kepada pelanggan dalam membayar tagihan atau dapat melakukan negosiasi terhadap tanggal jatuh tempo kepada vendor.
  3. Manajemen keuangan sangat berpengaruh terhadap bisnis suatu perusahaan yaitu menjaga biaya agar tetap rendah. Perusahaan bisa meminta vendor untuk merendahkan harga, mengurangi pemakaian listrik, maupun membeli persediaan dalam jumlah yang banyak sehingga memperoleh diskon dalam pembelian tersebut. Jika biaya tidak dikelola dan dipantau dengan baik, perusahaan akan sering meningkatkan harga penjualan kepada konsumen demi membayar kenaikan harga yang terus terjadi. Lama-kelamaan konsumen dapat pindah ke perusahaan lain yang jauh lebih murah dan perusahaan pun dapat mengalami kegagalan bisnis.
  4. Manajemen keuangan dapat membantu perencanaan pajak pada sebuah perusahaan. Perencanaan pajak yang dilakukan dapat membantu perusahaan dalam membuat estimasi perpajakan. Dengan demikian, perusahaan dapat menyiapkan dana lebih untuk membayar pajak secara tepat waktu sehingga menghindari adanya pembayaran denda pajak ketika terlambat dalam pembayaran pajak.

Pembahasan di atas merupakan alasan betapa pentingnya sebuah manajemen keuangan dalam sebuah bisnis perusahaan. Jika perusahaan Anda ingin berkembang secara maksimal dan memperoleh keuntungan yang besar maka perusahaan tersebut harus mengelola dengan baik manajemen keuangan yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. Untuk memudahkan Anda melakukan manajemen keuangan di perusahaan, ada baiknya Anda menerapkan sebuah sistem, salah satunya adalah ERP. Sistem ini dapat mencatat seluruh transaksi di perusahaan Anda dan mengintegrasikannya ke dalam laporan keuangan.

Share :

Artikel yang lain