Menyiapkan Akun Master dan Jenis Usaha

A. Pengertian Akun Master #


Akun Master adalah Chart of Account yang dibuat sesuai jenis usaha, sebagai master untuk membuat akun buku laporan keuangan yang pertama kali. Akun Master inilah yang dipilih menjadi Akun Buku pada saat melakukan Inisiasi Buku Baru. Ketika telah dipilih, maka Akun Buku lah yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi yang terjadi selama tahun berjalan. Perubahan Akun Buku sama sekali tidak mempengaruhi Akun Master tersebut. Untuk pertama kali, Saldo Awal Akun diisikan pada Akun Buku ini. Selanjutnya, saldo awal tahun berikutnya diambil secara otomatis dari saldo akhir tahun sebelumnya. Dalam aplikasi ini Akun Master menempel/identik dengan Jenis Usaha.

B. Membuat Akun Master #


Membuat Akun Master dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu dengan melakukan input langsung ke dalam aplikasi yang telah disediakan atau melakukan Import file excel yang telah dibuat tabel akun masternya dengan format tertentu. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Input Akun Master #


Cara melakukan input akun master:

  • Buka menu Setup, kemudian
  • Pilih Jenis Usaha dan klik tombol “+Jenis Usaha Baru
  • Pada layar akan tampil sebagai berikut.

Perhatikan dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Isi kolom Nama dengan Jenis Usaha (misalnya: Jasa, Dagang, Manufaktur, dsb.).
  • Ada 8 (delapan) Akun Utama yang masing-masing dapat dibuatkan akun anak sampai 7 (tujuh) level ke bawah. Kedelapan Akun Utama ini adalah Akun level-1, sedangkan akun anak di bawahnya adalah Akun level-2, level-3, dst. sampai level-8. Akun 1 sampai dengan 3 adalah Akun Neraca, sedangkan Akun 4 sampai dengan 8 adalah Akun Laba/Rugi.
  • Untuk membuat akun anak, klik tombol + di ujung kanan akun yang akan dibuatkan anak. Sedangkan untuk menghapusnya, tinggal mengklik tombol * di ujung kanan akun yang akan dihapus. Akun Utama tidak dapat dihapus, tetapi dapat diedit namanya.
  • Khusus akun Laba/Rugi Tahun2 Sebelumnya, harus ditempatkan pada posisi 3.2.1. Artinya adalah berada di level-3 sebagai anak pertama dari akun 3.2, di mana akun 3.2 adalah anak kedua dari akun 3 (Modal/Ekuitas/Aset Neto).

Modal/Ekuitas/Aset Neto……………………..   Akun level-1 (Utama)

  • Modal Awal……………………………………  Akun level-2 (Anak ke-1 Akun Utama)
    • Modal Saham……………………………  Akun level-3 (Anak ke-1 Akun Modal Awal)
  • Perubahan Modal…………………………… Akun level-2 (Anak ke-2 Akun Utama)
    • Laba/Rugi Tahun2 Sebelumnya….  Akun level-3 (Anak ke-1 Akun Per. Modal)
    • Setoran Tambahan Modal………….  Akun level-3 (Anak ke-2 Akun Per. Modal)                                             
    • Dividen…………………………………….  Akun level-3 (Anak ke-3 Akun Per. Modal)                                             
  • Nama akun harus dibuat sependek mungkin, tetapi harus dapat dibedakan antara akun satu dengan akun lainnya. Jangan sampai tertukar satu sama lain pada saat memilih akun pasangan transaksi, ketika menginput jurnal transaksi. Akun Master harus dapat menggambarkan sistematika transaksi bisnis/usaha yang jelas, sesuai dengan kompleksitas transaksi yang terjadi dalam bisnis/usaha anda.

2. Import Akun Master #


Ada tombol Attach a file pada menu pembuatan Akun Master sebagaimana ditunjukkan pada Gambar-6. Tombol tersebut disediakan untuk proses pembuatan akun master dengan cara mengimport data akun master dalam format excel versi 97-2003. Contoh format excel versi 97-2003 yang dapat diimport akun master-nya adalah sebagai berikut.

What are your Feelings