Membuat Tabel Penyusutan

Cara Membuat Tabel Penyusutan #


Untuk membuat tabel penyusutan aktiva tetap, dapat membuka menu Input Data kemudian memilih Aktiva Tetap.  Selanjutnya terdapat 3 (tiga) tombol yang harus diklik untuk mengisi data yang diperlukan, yaitu tombol Kelompok Penyusutan, Kelompok Aktiva, dan +Tambah Aktiva Tetap. Pengisiannya dimulai dari tombol kanan ke kiri. Tampilan data aktiva yang sudah diinputkan dan ketiga tombol tersebut ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Gambar Tampilan Daftar Aktiva Tetap yang Sudah Diinput
Gambar Tampilan Daftar Kelompok Penyusutan

Seluruh jenis penyusutan yang biasa digunakan dalam perpajakan sudah dimasukkan dalam tabel ini. Untuk menambah Kelompok Penyusutan baru, Anda dapat mengklik tombol +Kelompok Baru.

Apabila tombol Kelompok Aktiva diklik, akan muncul daftar kelompok aktiva yang sudah diinputkan ke database. Untuk menambah kelompok baru aktiva, dapat mengklik tombol +Kelompok Baru. . Tampilannya ditunjukkan seperti gambar dibawah ini.

Gambar Tampilan Daftar Kelompok Aktiva

Untuk menambah aktiva baru yang akan dimasukkan dalam tabel penyusutan, dapat mengklik tombol +Tambah Aktiva Tetap. Tampilannya ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Gambar Tampilan Form Isian Aktiva

Perhatikan dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Nama Aktiva diisi dengan nama yang tercantum dalam dokumen pembelian atau nama yang biasa dikenal jika tidak ada dalam dokumen pembelian.
  • Kelompok Aktiva dipilih berdasarkan daftar kelompok aktiva yang sudah diinput.
  • Kelompok Penyusutan dipilih berdasarkan daftar kelompok penyusutan yang sudah diinput.
  • Jumlah Unit diisi dengan angka nominal unit yang dibeli dan dimasukkan dalam daftar aktiva.
  • Satuan diisi dengan satuan barang yang dibeli.
  • Harga Satuan diisi dengan harga satuan barang ini saat perolehan.
  • Tanggal Perolehan diisi dengan tanggal barang tersebut dibeli.
  • Data Aktiva Tetap, Kelompok Penyusutan, dan Kelompok Aktiva dapat diedit/dihapus dengan mengklik tombol yang tersedia di samping kanan data tersebut.
What are your Feelings