Membuat Buku dan Saldo Awal

A. Membuat Buku Baru Laporan Keuangan #


Setelah kita memastikan telah memiliki Chart of Account yang sesuai sebagai Akun Master, selanjutnya kita harus melakukan Insisiasi Buku Baru terlebih dahulu untuk membuat Buku Baru Laporan Keuangan yang masih kosong. Dalam Inisiasi Buku Baru kita akan memilih Akun Master tersebut sebagai Akun Buku Laporan Keuangan bisnis/usaha kita. Inisiasi Buku Baru hanya dilakukan sekali saja, bukan setiap tahun.

Perhatikan dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Nama Perusahaan diisi dengan nama perusahaan atau bisnis/usaha anda, bisa nama PT/CV/Yayasan/Sekolah/Masjid/LSM/Kampus/Firma/Profesi atau nama keluarga anda jika laporan keuangan dibuat untuk laporan keuangan keluarga.
  • Jenis Usaha diisi dengan Jenis Usaha yang sudah Anda siapkan Akun Masternya. Jadi, Anda tinggal memilih saja jenis usaha yang sudah disiapkan sebelumnya. Akun Master yang Anda pilih inilah, yang akan menjadi Akun Buku Laporan Keuangan anda.
  • Mata Uang diisi dengan jenis mata uang yang digunakan (hanya sekedar satuan saja, Rupiah atau US Dollar).
  • Alamat diisi dengan alamat perusahaan/usaha anda.
  • Logo diisi dengan meng-upload (unggah) logo perusahaan/usaha anda.
  • Tahun diisi dengan tahun buku awal laporan keuangan anda. Jika perusahaan/usaha anda sudah berjalan sejak tahun 2015 tetapi laporan keuangan yang akan dibuat pertama kali dengan software ini adalah tahun 2018, maka kolom tersebut diisi dengan 2018. Tetapi jika Anda ingin memulainya surut ke belakang dari 2015 (data-data laporan keuangan sebelumnya dimigrasikan ke software ini), maka kolom tersebut diisi dengan 2015.
  • Awal Buku diisi dengan tanggal awal tahun buku laporan keuangan, sesuai siklus laporan keuangan yang digunakan. Jika siklus laporan keuangan anda adalah 1 Januari – 31 Desember setiap tahunnya, maka kolom ini Anda isi 1 Januari tahun yang sesuai dengan isian tahun di atasnya.
  • Tanggal Saldo Awal diisi dengan tanggal dimulainya perusahaan/usaha anda. Jika perusahaan/usaha anda mulai berjalan/didirikan tanggal 1 Maret 2017, maka tanggal saldo awalnya 1 Maret 2017. Untuk awal bukunya Anda isi dengan 1 Januari 2017, karena siklus bukunya 1 Januari – 31 Desember 2017.
  • Isian Buku Persediaan Perlengkapan, Persediaan Dagang, Persediaan Manufaktur, dan Metode Inventory, dilewat saja. Khusus untuk usaha dagang, bisa mengisi Yes pada Persediaan Dagang. Sedangkan Metode Inventorynya dapat dipilih FIFO (First In First Out) atau AVERAGE.
  • Setelah tombol +Save Data Buku diklik, pada layar akan tampil Akun Buku yang saldo awalnya masih kosong. Tampilannya seperti pada Gambar-9. Di tampilan ini dapat dilakukan penambahan/penghapusan akun pada Akun Buku.

B. Membuat Saldo Awal Akun #


Setelah melakukan Inisiasi Buku Baru, Anda akan memiliki buku laporan keuangan yang saldo awalnya masih kosong. Untuk menambah atau menghapus akun, dapat dilakukan pada layar tersebut sebabagimana ditunjukkan pada Gambar-9. Sedangkan untuk mengisi saldo awal, merubah tanggal saldo awal, dan mengimport data saldo awal menggunakan file excel versi 97-2003, Anda harus mengklik tombol yang disediakan tersebut. Untuk mengisi saldo awal, sebaiknya menginput langsung ke dalam aplikasi dengan mengklik tombol Edit Saldo Awal yang tersedia.

Perhatikan dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Dengan mengklik tombol Edit Saldo Awal, Anda dapat melakukan aksi: merubah Nama Akun, mengisi Posting, dan mengisi Saldo Awal. Posting WAJIB DIISI khusus untuk akun terluar pada kelompok Akun Utama-1 (Harta/Aset) dan Akun Utama-2 (Kewajiban/Liabilitas), meskipun nilainya NOL. Sedangkan akun terluar pada kelompok Akun Utama Lainnya, hanya diisi jika nilainya BUKAN NOL.
  • Jumlah Saldo Awal pada kolom Debit harus sama dengan Jumlah Saldo Awal pada Kolom Kredit.
  • Jika Saldo Awal tidak sama dan/atau Akun terluar pada kelompok Akun Utama-1 dan Akun Utama-2 tidak diisi, data yang diinput tidak dapat disimpan. Anda harus mengulang kembali penginputannya dari awal (mengisi posting dan saldo awalnya). Silakan lakukan dengan teliti dan sabar, agar penginputan anda sukses.
  • Jika Saldo Awal berhasil Anda simpan, selanjutnya Anda dapat melakukan pencatatan data transaksi. Jangan sekali-kali beralih ke proses  pencatatan data transaksi jika tahapan tersebut belum berhasil Anda lakukan.
  • Jika ada kesalahan pencantuman tanggal Saldo Awal, Anda dapat mengklik tombol Tanggal Saldo Awal untuk merubahnya. Data tahun, awal pembukuan, dan akhir pembukuan, tidak dapat diubah. Jika terjadi kesalahan, berarti Anda harus mengulanginya kembali dari awal. Adapun data nama perusahaan dapat diubah pada menu Daftar Buku.
  • Pengisian data Saldo Awal juga dapat dilakukan dengan cara mengimportnya dari file excel versi 97-2003. Contoh format excelnya dapat dilihat pada Tabel-3 di atas. Namun demikian, kami tidak menyarankan hal ini. Sebaiknya langsung saja Anda menginput ke dalam aplikasi, sekalian melakukan posting.

C. Membuat Buku Laporan Keuangan #


Buku Laporan Keuangan yang telah dibuat dapat diubah beberapa datanya di menu Daftar Buku, seperti nama perusahaan, alamat, logo, persediaan (khusus usaha dagang), Akun Laba Rugi Tahun2 sebelumnya, dan metode inventorynya. Namun demikian, kami sarankan agar tidak merubah persediaan, Akun Laba Rugi Tahun2 sebelumnya, dan metode inventory tersebut. Di menu Daftar Buku ini juga dapat diklik tombol Buku Baru, untuk melakukan Inisiasi Buku Baru.

What are your Feelings